Chiffon Cake Ketan hitam

Pake resep : almh. Mbak Ruri

Ini cake kesukaan suamiku. Suka banget sama yang berhubungan dengan ketan hitam. Dah dua kali bikin kue ini, enak banget jadinya.. Rasa ketan hitamnya berasa banget. Yummy bgt deh pokonya..

Nah kali ini mo cobain lagi, Cuma santan-nya mo diganti pake susu cair.

Ingredients:
Bahan 1 :
5 butir putih putih telur
150 gr gula pasir

Bahan 2 :
5 butir kuning telur
100 ml santan kental (aq ganti pake 100 ml susu cair)
75 ml minyak sayur
150 gr tepung ketan item
sedikit garam

Directions:
– masukin tepung ketan item kedalam wadah, buat lubang ditengahnya
– tuang kuning telur, minyak sayur, garam dan santan
– aduk searah pake whisk sampe jadi adonan yang kental, dan tepung benar2 larut
– campur putih telur dan gula pasir dan kocok dengan mikser berkecepatan tinggi sampai kental dan mengembang kaku.
– campurkan adonan putih telur ke dalam adonan tepung, aduk pake spatula sampe tercampur rata, jangan sampe masih ada adonan putih telur yang misah ya
– tuang ke loyang chiffon yang sudah dipanaskan terlebih dahulu
– panggang dalam oven suhu 150° C selama ± 50 menit
– setelah matang, keluarkan dari oven, langsung tunggingin si loyang sampai dingin, baru keluarin chiffonnya

Step by step

My Review :

Cake kali ini kok jadinya beda sama yg dulu pernah aku bikin pake resep yg sama. Apa karna subtitusi santan ma susu kali ya? Kl yg dulu lembut banget kayak kapas. Pas dimakan klempes2 gitu. Kalo ini lebih padat… ga kayak chiffon cake yg biasanya. Tapi biar gitu si Amel tetep suka ma kue ini. Dasar anak kecil sih, pokonya enak aja.. ga ngaruh perbedaannya. Kalo papa, jadi agak sedikit kurang bersemangat makannya…

Trus juga kalo yang dulu (pake santan) posturnya pas dikeluarin dari loyang bagus, tapi lama kelamaan jadi rada meleyot, kayak mimpes lagi.. tp gpp karna biasanya sebelum sempet tiarap lagi, tuh cakenya dah abis dimakan papa ma Amel.. hehe

Mau.. ?

Enak loh kuenya...

Nah yang ini (pake susu), bentuknya mantep bgt. Kl aq rasa sih loyangnya ga usah pake ditunggingin juga gpp. Karna dari pertama keluar oven dah mantep berdirinya. Malah kayak butter cake gitu deh, yang posturnya mantap ga kempes2.

Teman minum teh sore… nikmatnya

Aq sih lebih milih yang pake santan yah… hehehe emang deh yang masih amatir masih harus banyak belajar kyk aq gini, harusnya ya patuh ngikutin resep aja ya yg udah terbukti enaknya.. ini sih sok, gaya mo modifikasi segala..😛

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s