12 Penyakit wanita (# 2)

2. ANemia

Selama kurun usia subur, setiap wanita umumnya mengalami menstruasi pada setiap bulannya. Saat menstruasi datang bukan hanya keluhan penyerta seperti nyeri perut, mules, pegal dan emosi, tetapi juga kehilangan darah. Setiap kali tamu bulanan itu datang, mengalami banyak kehilangan darah, inilah yang acapkali menjadi masalah. Penyakit ini memberikan dampak malas, lesu, kurang bergairah dan produktivitas menurun.

Meski keluarnya darah saat menstruasi itu sifatnya alami, namun pada kenyataannya menyebabkan banyak wanita usia subur mengalami kekurangan darah, anemia.

Secara Klinis gejala anemia dapat beragam, antara lain ditandai dengan keluhan lesu, lelah, letih. Lemah, kurang bersemangat dan pucat. Kondisi tubuh yang demikian tentu akan sangat mengganggu, terutama bagi wanita yang selalu membutuhkan penampilan dan stamina prima.

Anemia banyak jenisnya. Pada wanita usia subur, yang sering terjadi ialah anemia kekurangan zat besi. Hal ini akibat banyaknya zat besi yang hilang bersamaan dengan banyaknya darah yang keluar selama menstruasi berlangsung setiap bulannya.

6 Cara mencegah Anemia

  1. konsumsilah nutrisi yang lengkap dan seimbang untuk menjamin terpenuhinya zat-zat gizi. Perhatian khusus perlu diberikan bagi terpenuhinya kebutuhan zat besi. Zat besi banyak terdapat di dalam makanan seperti daging, telur, ikan dan hati.
  2. Zat besi juga terdapat di dalam sayuran hijau, seperti daun singkong, bayam, sawi hijau, kangkung, daun kacang panjang, daun bawang, dan daun melinjo. Kacang-kacangan dna hasil olahannya juga memiliki kandungan zat besi, seperti kacang ijo, kacang merah, kacang tolo, kacang kedele, tahu dan tempe.

  1. Hindari minum the, kopi, cokelat berdekatan dengan waktu makan. Minuman itu mengandung zat pitat dan tanin yang menghambat penyerapan zat besi oleh tubuh.
  2. Anemia bisa juga disebabkan cacing tambang. Penularan cacing terjadi apabila seseorang mengonsumsi makanan yang terkontaminasi telur cacing atau dari tangannya yang kotor. Untuk itu jaga kebersihan. Cuci tangan dengan sabun sebelum makan.
  3. Sering pula anemia pada usia subur akibat adanya infeksi, misalnya infeksi saluran pencernaan.
  4. Bila tidak dapat menjamin pemasukan zat besi melalui makanan yang diberikan sehari-hari, maka dapat dipertimbangkan pemenuhan zat besi dari luar (semisal vitamin / supplemen penambah zat besi)

Sumber : Bonus Booklet Kartini 2237

Nobody can go back and start a new beginning, but anyone can start today and make a new ending
www.warnakrayon.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s