12 Penyakit Wanita (# 10)

10. MigrAin

Migrain adalah nyeri kepala sebelah. Wanita tiga kali lebih sering terkena penyakit ini dibandingkan pria. Penyakit ini sering muncul menjelang atau saat haid.

Hingga sekarang belum diketahui dengan pasti penyebab migrain. Namun penyakit nyeri kepala sebelah ini diperkirakan terjadi akibat adanya hiperaktivitas impuls listrik otak yang mengakibatkan terjadinya pelebaran pembuluh darah otak dan peradangan. Pelebaran dan peradangan itu menimbulkan rasa nyeri. Makin luas peradangan, makin berat nyeri yang muncul, dan akan terus bertambah bila digunakan beraktivitas.

Ada beberapa factor yang dapat memicu terjadinya migrain, seperti stress, cikelat, kopi, tidur berlebihan atau kurang tidur, kurang makan, perubahan cuaca, bau menyengat, asap rokok, sinar dangat terang, pantulan sinar matahari atau saat haid.

Gejalanya :

Satu atau dua hari sebelum migrain, penderita biasanya mengeluh lemah, sering menguap, mudah tersinggung, malas bekerja dan gelisah.

Saat serangan, nyeri berdenyut pada satu sisi kepala. Nyeri dapat berpindah pada sisi sebelahnya pada serangan berikutnya, atau mengenai kedua belah sisi.

Penderita sangat sensitive terhadap sinar, suara dan bau.

Pengobatan :

Migrain bisa diatasi dengan obat sakit kepala biasa. Obat sakit kepala dijual bebas di took obat. Tetapi tanpa obat sebetulnya akan sembuh sendiri dalam waktu 4 72 jam. Ketika serangan sebaiknya penderita istirahat dan menghindari sinar matahari langsung sebab pantulan sinar matahari membuat nyeri bertambah berat.

Sumber : Bonus Booklet Kartini 2237

Nobody can go back and start a new beginning, but anyone can start today and make a new ending
www.warnakrayon.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s