12 Penyakit Wanita (# 12)

12. Penurunan Trombosit pada ITP

Secara medis ITP (Idiopathic Thrombocytopenic Purpura) diartikan suatu kelainan pada sel pembekuan darah, yakni trombosit yang jumlahnya menurun sehingga menimbulkan pendarahan. Pendarahan yang terjadi umumnya pada kulit berupa bintik merah hingga ruam kebiruan. Selain itu terkadang bisa terjadi mimisan dan gusi berdarah.

Menurut dr Imran Nito, SpPD, penyebab dari ITP tidak diketahui dengan pasti. Mekanisme yang terjadi melalui pembentukan antibody yang menyerang sel trombosit, sehingga sel trombosit mati. Normalnya seseorang memiliki trombosit 150 ribu 450 ribu per mikroliter darah. Pada penderita kelaian ini jumlah trombosit turun jauh dari normal, bisa hanya 20 atau 25 ribu per mikroliter darah.

Bila jumlah trombosit sudah normal, penderita akan kembali bugar dan mampu melakukan aktivitas seperti biasa. Namun harus tetap waspada. Penyakit ini mudah kambuh. Pemicu kekambuhan adalah kecapean dan stress.

Karena itu sekiranya penderita ingin bekerja, hindari kecapekan. Bila sudah terasa letih sebaiknya istirahat. Juga hindari stress. Itulah sebabnya penderita sebaiknya tidak bekerja di tempat yang tingkat strenya tinggi.

Pengobatan yang dapat diberikan adalah dengan pemberian kortikosteroid, dan obat ini dihentikan bila jumlah trombosit sudah meningkat. Penderita ITP perlu menghindari obat-obatan yang dapat meningkatkan terjadinya pendarahan, seperti aspirin. Perlu juga menghindari benturan yang membuat luka.

Jambu biji merah, baik utnuk penderita ITP

Sumber : Bonus Booklet Kartini 2237

Nobody can go back and start a new beginning, but anyone can start today and make a new ending
www.warnakrayon.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s