Hadeh.. heboh Diskusi ttg ASI

Hmm..udah baca blm sharing artikel ttg ASI disini ? kl udah.. wah itu seru banget loh. Soalnya ada member milis yg sy ikuti sharing juga thread ini di milis. Dan hasilnya.. ? alih2 menyebarkan informasi soal bagusnya ASI, ini malah jadi ajang untuk malah memojokkan. Yang dipojokkan adalah ibu2 yg full ASI & rajin mengajak ibu2 lain supaya hanya memberikan asi saja kpd anak2nya. Yg memojokkan adalah ibu2 yg ga bisa kasih ASI & terpaksa kasih sufor untuk bayinya.

Dalam hal ini ga ada yang patut disalahkan. Semua merasa benar karna yang dilakukan seorang ibu adalah untuk memberikan yang terbaik bagi anak2nya. Maka kalau mengacu pada konsep tersebut (memberikan yang terbaik bagi buah hatinya), tak ada seorang ibu pun yang rela dikatakan sebagai ibu yg buruk bila memberikan Susu Formula pd bayinya. Banyak dari mereka yang berkeluh kesah, merasa tersakiti oleh slogan2 dan penyebaran info2 yang berkaitan dengan edukasi ASI kpd masyarakat. Karena sebenarnya mereka juga ga mau ngasih sufor kalo dulu ASI mereka keluarnya lancar & banyak. Paling banyak keluhan adalah karena ASI-nya ga keluar atau kalaupun keluar sedikit sekali walau sudah berjuang & minta tolong dibimbing langsung oleh sang ahli laktasi yang sampai datang berkali2 berkunjung ke rumah sang ibu.

Atau karena sang ibu hrs kembali bekerja masuk kantor & meninggalkan bayinya di rumah, di kantor ga sempat memerah susu. Lalu mereka pulang ke rumah sudah terlalu lelah untuk sekedar memerah susu untuk diberikan esok harinya. Jadilah Sufor sebagai salah satu jalan keluar alternatif (kalau tidak mau disebut sbg satu2nya alternatif) pemberian asupan cairan kpd bayi2 mereka. Kalau ASI ga keluar atau sedikit, masak lantas bayi dibiarkan kelaparan ? kenyataan pahit inilah yang akhirnya harus ditelan oleh sebagian ibu2 yang tidak berhasil memberikan asi, untuk akhirnya memberikan sufor pada bayi mereka.

INI yang kemudian menimbulkan sakit hati, dimana mereka belakangan sering MERASA dianggap bukan ibu yang baik karena memberi sufor daripada asi. Saya bilang MERASA.. karena memang kenyataannya dalam kampanye2 ASI, ga ada satupun konselor ASI yang menghujat ibu2 yang memberikan sufor bagi anaknya. Para konselor ini hanya berusaha memberikan informasi sebanyak2nya kepada para ibu & calon ibu betapa besarnya manfaat asi bagi bayi. Karena sekali lagi arus informasi antara asi & sufor sangat tidak berimbang. Yang diklaim selama ini oleh media2 terutama televisi adalah bagus & pentingnya kandungan dlm susu formula yg dapat menggantikan ASI. Padahal sebenarnya ga ada yang dapat menggantikan ASI bahkan menyamainya pun tidak.

Bagaimana pun semua orangtua akan memberikan yang terbaik untuk anak2nya. Silahkan anda tentukan sendiri mana yang terbaik buat keluarga anda, dengan tetap jernih menerima setiap pengetahuan & informasi ttg hal yang berkaitan dengan keluarga – salah satunya informasi ttg ASI.

Kalau yg penasaran dengan debat kusirnya para mommy di milis.. nih liat disini ya.

Buat komunitas ASI.. happy breast-feeding ya… ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s