SEMUA KARENA ALLAH

Aku terusik dengan tulisan seorang teman tentang manfaatnya menabung. Bukan soal menabungnya, aku seratus persen setuju padanya, bahwa kita harus hidup sederhana dan sebisa mungkin sisihkan uang untuk menjadi tabungan bagi masa depan yang tidak kita ketahui. Tapi yang menjadi keterusikanku pada tulisan beliau adalah ketika dia menyebutkan bagaimana mungkin ia bisa membeli rumah, kendaraan & memenuhi segala kebutuhan hidup kalau ia tidak mempunyai tabungan. Hmmm… kalimat itu bagi banyak orang adalah kalimat yang benar & wajar, tapi buatku.. itu adalah kalimat pengingkaran manusia pada Tuhannya… !!! Menurut kacamata banyak orang mungkin pendapatku ini sangat berlebihan. Padahal sama sekali tidak.

Coba kita telisik lebih jauh. Bagaimana bisa seorang hamba, seorang manusia yang setiap geraknya, setiap hembusan nafasnya, setiap takdir hidupnya adalah skenario & pemberian ALLAH, bisa mengklaim kalau tabungannyalah yang membuat ia bisa membeli segala macam hal kenikmatan dunia ???

Memang manusia harus bekerja, berikhtiar, berjuang untuk memaknai hidupnya di dunia ini. Tapi satu hal yang paling utama, bahwa pekerjaannya, ikhtiarnya dan perjuangannya harus berawal & berakhir karena ALLAH. Bahwa semua yang ia bisa kerjakan dan ia hasilkan adalah karena ridho ALLAH.

Jadi jangan pernah lagi mengklaim ‘kalau tidak punya tabungan, saya tidak bisa memenuhi kebutuhan…’, kalau bukan pinjaman, saya tidak bisa membeli rumah…, kalau tidak ada orang itu, pasti saya tidak diterima bekerja disini…, kalau tidak punya asuransi, pasti saya tidak bisa membayar biaya RS…., dan beribu kalau yang sangat sering kita agung-agungkan bila berhasil keluar dari suatu masalah. Lalu dimana porsinya ALLAH dalam pemecahan masalah hidupmu? padahal helaan nafasmu saja adalah pemberian ALLAH…. ????
Padahal kita sepakat bahwa kalau bukan karena ALLAH, semua itu tidak mungkin terlaksana. So, yuk belajar untuk tidak lagi menomor duakan ALLAH.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s