The power of NOW

Dulu sejak dari bangku SMP pada pelajaran bahasa Inggris, ada 3 kosakata tentang waktu yang aku kenal sampai seumur hidupku yang sekarang ini. Masa Lalu (past) — Masa Sekarang (present/now) — Masa Depan (Future).
Kosakata itu terus menjadi acuan dan buku panduan dalam perjalanan hidup mungkin bukan hanya aku tapi bagi sebagian besar orang.

Tapi belakangan aku baru menyadari bahwa sebenarnya kosakata “sekarang/present/now” itu ga ada. Yang ada hanya masa lalu & masa depan. Apa pasal yang bikin aku bisa berfikiran seperti itu? Dalam konteks pelajaran bahasa Inggris, Present artinya saat ini, saat yang sedang kita jalani/kerjakan.
Sehubungan dengan hal itu, MASA LALU bisa berati apa yang sudah kita jalani tergantung dari berapa kisaran waktu yang kita sebut waktu sekarang. Bisa sejam yang lalu, semenit yang lalu, sedetik yang lalu, atau sepersepuluh detik yang lalu. MASA DEPAN bisa berati satu detik dari kedepan, satu menit kedepan, satu jam kedepan atau satu hari kedepan. Jadi kapan dong MASA SEKARANG-nya? yang aku pahami bahwa selesai aku ketik kalimat ini, maka kalimat sebelum kalimat ini adalah masa lalu, karena artinya aku sudah menjalani waktu yang kemudian berlalu dan tidak bisa aku ulang kembali. Dan MASA DEPAN adalah sesuatu yang belum bisa aku pastikan kejadiannya, bahkan satu menit dari sekarang.

Jadi mulai saat ini aku putuskan untuk diriku sendiri, bahwa ga akan lagi berkiblat pada falsafah barat yang bilang “The Power of NOW” a.k.a kekuatan masa kini, karena yang aku mulai pahami adalah ga ada saat ini dalam hidup, dan ga mau menunggu saat ini saja untuk melakukan yang terbaik. Adanya adalah menjalani saja waktu demi waktu dengan ikhlas dan lakukan yang terbaik di setiap detiknya.

4 comments

    1. Nah, itulah yg maksud saya mba… ga perlu kepengin merubah masa lalu. Mungkin kmrn kita telah salah bertindak atau salah mengartikan sesuatu, ya biarkan aja.. itu hanya sebuah proses kok. Itu proses belajar & proses mengenal diri sendiri… ^_^
      Memang jangan cuma diomongin aja sih, tapi gampang kok kalo mau belajar.. kuncinya hanya “Ikhlas”
      tq ya Mba dah berkunjung kesini. Salam kenal..🙂

Tinggalkan Balasan

