Peluklah Anakmu.. !!!

Ini bukan untuk sok-sokan ngajarin teman2 ya, judul ini aku pilih sebagai pengingat buat diriku sendiri. Jadi ceritanya siang ini aku benar2 dapat usapan sayang dari ALLAH. Dia dengan halus mengingatkanku, selalu dengan cara seperti itu.. halus tapi dalam.. nonjokšŸ™‚

Jam makan siang tadi, aku makan sembari nonton acara TV bareng2 teman kantor. Acaranya Redaksi Siang Trans7. Ada satu liputan tentang seorang anak kecil usia SD, kurang jelas juga kelas berapa. Belum begitu besar sepertinya, mungkin antara kelas 2 atau 3 SD. Namanya Dila Indah. Sejak usia 16 bulan, dia sudah menjadi piatu, bundanya meninggal. Ayahnya pergi bekerja dan belum pernah kembali menemuinya sampai ia sebesar itu. Selama ini ia tinggal bersama neneknya, bernama Enoh. Dila membantu neneknya dengan berjualan keripik pedas bikinan neneknya yang dibungkus plastik kecil. Setiap hari dibawanya dagangannya itu ke sekolah, dan dijual ke teman2nya seharga Rp 500,-.

Ada satu scene yang membuat mataku panas berair yaitu saat ia ditanya apa yang jadi keinginannya. Dila bilang dia rindu pada kedua orangtuanya.. rindu ingin disayang2.. rindu ingin dipeluk mamanya…

Dan pd scene terakhir.. di sampul buku tulis kusamnya dia menulis “Mah, peluk aku ya…” :((

Dan aku tak bisa berhenti menangis setelah itu……. bahkan menangis lebih dahsyat pd saat menunaikan Sholat Dzuhur. Menangis sesengukan, mungkin kalau saat itu ada temanku yang melihat, ia akan berpikir aku sedang meratapi nasibku yang buruk, atau sedang ditimpa kemalangan begitu dahsyatnya

Bukan, aku sedang menangis demi terngiang keingingan seorang Dila. Dila yang sedari kecil hidup dalam gelimang kemiskinan & penuh perjuangan, tidak pernah merasakan bahagia, hanya ingin dipeluk bundanya…. Ā Mudah2an ALLAH meninggikan derajatmu kelak Dila……… saat ini ALLAH sedang mendidikmu agar dikemudian hari engkau menjadi wanita yang punya nama besar dan mulia.. wanita yang mampu mengayomi banyak anak2 yang bernasib sama sepertimu.. wanita yang menjadi kebanggaan nenek & alm ibumu….. Semoga ALLAH mendengar dan mengabulkan do’aku….. Amiin..

Untukku, aku merasa seperti ditampar… betapa selama ini aku masih sangat kurang mensyukuri apa yang telah & masih aku miliki. Keluarga, kesehatan, pekerjaan, etc…. Bahwa penderitaanku belum seberapa dibandingkan dia. Betapa masih buruknya diriku.. betapa masih kurangnya perhatianku pada anak2ku.. yang kadang karna terlalu letih, aku bahkan lupa untuk sekedar memeluk dan mencium anakku…………šŸ˜¦ Ā pelukanku kurang banyak………….

Padahal mereka lebih letih menantiku pulang dari kantor untuk bermain bersama…. mereka lebih letih menantiku untuk minta ditemani menggarap PRnya…. mereka lebih letih menantiku untuk minta diceritakan sebuah dongeng pendek sebelum tidurnya…. sedangkan aku hanya letih seharian di depan komputerku (kadang diselingi browsing2 ga jelas, nonton youtube, dengar lagu2 sambil ngopi2 santai.. hiks), yang kalau di bis dan dapat duduk, bisa tidur sepanjang jalan :((

Padahal mereka masih memilikiku disampingnya…..

Kalau ada orang yang bilang “anak itu tidak perlu tau kalau kita sayang sama dia.. ga perlu diucapkan.. cukup di bathin saja.. tak perlu sering2 dipeluk.. nanti jadi manja” Ā  buatku itu omong kosong.. !!!

Ga ada penelitiannya anak jadi manja karena sering dipeluk dan mendengar kata cinta. Itu gaya pengasuhan jaman nenek2 kita dulu………. sekarang jaman sudah beda…. cinta kadang harus diperlihatkan pada anak, agar tumbuh percaya diri mereka dalam menghadapi hidup yang keras kemudian hari….

Terima kasih ALLAH, atas pelajaran yang sangat membekas hari ini…

Terima kasih Dila… kukirimkan cium & pelukan sayangku untukmu nak……….. pelukan besar & hangat

12.11.2014

Tinggalkan Balasan

